Harga mobil Toyota Agya Rp 100.350.000 - Rp 120.750.000. Mobil ini sendiri baru diluncurkan beberapa bulan yang lalu dan sudah menjadi primadona dikelasnya. Ada tiga varian dari mobil Agya yang diluncurkan dipasaran yaitu tipe E, G dan tipe TRD S. Setiap tipe sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis bertransmisi otomatis dan manual.
Tipe E dipasarkan dengan harga 99, Juta untuk manual dan 110,25 juta untuk transmisi yang otomatis. Untuk Agya tipe G, Toyota merilis dengan harga 106,65 juta untuk transmisi manual dan 116,25 juta untuk transmisi yang otomatis. Tipe yang ketiga adalah TRD S, yang dipasarkan dengan harga mencapai 111,15 juta untuk manual dan 120,75 juta rupiah untuk transmisi otomatis.
Untuk yang menggunakan transmisi otomatis menggunakan 4-speed sedang untuk manual menggunakan 5-speed.untuk varia terendah yakni tipe E sudah dilengkapi fitur seperti Velg 13 inci, krom, grile dengan oranamen, Dual SRS Airbag, AC, Poer steering elektik, dan single din yang terintegrasi dengan CD/MP3/USB/AUX. Tak ketinggalan fitur standar lainnya seperti power window, sealt belt dan 7 cup holder.
Tipe yang lebih tinggi adalah Tipe G. Disini pengguna akan diberikan fitur yang berbeda dibandingkan tipe E yaitu Velg Alloy yang mempunyai ukuran 14 inci, Spoiler belakang, bingkao Fog lamp, gagang pintu yang dilapisi oleh krom, molding samping dengan krom dan double din nya mampu untuk memutar mp3 dan USB. Selain fitur tersebut, kurang lebih fiturnya sama dengan Tipe E. Sedang untuk Tpe yang tertinggi yaitu Tipe TRD S memiliki tipe tambahan seperti tambahan aero kit di seluruh bodinya, serta stiker dan emblem TRD. Selain fitur tersebut, fitur TRD S sama dengan fitur Tipe G.
Dari luar mobil Toyota Agya tampak tak semurah harganya. Tampilannya lebih cantik dibandingkan dengan harga yang dibayarkan. Interiornya sendiri sudah cukup baik dan justru menyamai MPV low yang harganya diatasnya. Meski bertubuh mungil, namun nyatanya kabinnya terasa nyaman meski diduduki oleh orang dengan postur tinggi mencapai 175 cm. Ruang dibagian kaki relatif luas dan kepalapun tidak sampai menyentuh atap.
Respon mesin 5-speed-nya terasa cukup baik. karakter giginya yang rapat membuatnya pas ketika dikendarai pada jalan ramai seperti perkotaan. Baik Ayla dan Agya sama – sama menggunakan mesil 3-silinder 12-valve yang berkapasitas 998cc DOHC bertipe 1 KR-DE. Tenaga yang dimilikinya mampu mencapai 65,2 Hp dengan putaran mesin 6000rpm. Sedangkan untuk torsinya mencapai 86 Nm per 3.600 rpm.
Suspensi Agya menggunakan suspensi dari MacPhersin Struts yang menggunakan pegas koil di bagian depan dan suspensi independent Axle beam pegas koil di bagian belakangnnya. Sistem yang digunakan Agya ternyata sama dengan hatchback sekelas mobil Toyota Yaris, hal ini berimbas pada bantingannya yang terasa lebih baik. meski suspensinya tak seempuk milik mobil sedan, namun suspensinya mampu mengatasi kestabilan sehingga tak mudah limbung. Ini terbukti ketika berbelok dengan cara ekstrim, mobil ini mampu meminimalisir gejala limpung.
Power steering Agya sudah menggunakan tipe elektris dan memiliki radius putar yang cukup baik yaitu 4,4 meter. Dengan begini, maka kita tak usah kesulitan ketika parkir ditempat sempit seperti mall, atau berjalan – jalan dikota yang padat dengan melakukan manuver.
Dari Review Toyota Agya yang telah kita bahas diatas maka kita bisa mengambil sedikit kesimpulan dari mobil murah Agya ini. Kenyamanan mobil ini setara dengan mobil MPV low namun dengan harga yang lebih murah. Ini adalah mobil murah yang memiliki nilai tinggi. Baik dari suspensi, interior, eksterior dan kenyamanan, semua melebihi dari ekspektasi bila dilihat dari harganya. Apalagi Agya dibawah naungan brand yang telah merajai pasar mobil Indonesia yaitu Toyota. Toyota sendiri memiliki citra sebagai merk mobil dengan harga jual kembail yang paling tinggi dikelasnya.
Agya E M/T: Rp. 100.350.000,00
Agya E A/T: Rp. 110.750.000,00
Agya G A/T: Rp. 116.750.000,00
Agya G M/T: Rp. 107.150.000,00
Agya TRD S M/T: Rp. 111.150.000,00
Agya TRD S A/T: Rp. 120.750.000,00
Spesifikasi Toyota Agya
Seri Mesin: 1KR 12
Tipe Mesin: 3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC
Isi Silinder: 998 cc
Diameter x Langkah: 71.0 mm x 84.0 mm
Daya Maksimum: 65.3 ps / 6000 rpm
Torsi Maksimum: 88 kgm / 3600 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar: EFI
Bahan Bakar: Bensin tanpa timbal (pertamax)
Kapasitas Tangki: 33 liter
Steering (Power Steering): EPS
Ukuran Ban: 155/80 R13 with steel & wheel cap
Panjang: 3600
Lebar: 1600
Tinggi: 1520
Tidak ada komentar:
Posting Komentar